RoboTani, Solusi Pintar Tingkatkan Efektifitas Kebun Petani Urban

RoboTani Prototpye
Logo RoboTani
Logo RoboTani

RoboTani adalah sebuah prototype yang resmi dirilis oleh KebunPintar pada tanggal 1 Juli 2021 yang berguna untuk membantu petani urban khususnya petani hidroponik merekam dan memantau secara real-time seluruh data yang ada di kebun mulai dari pH, PPM (Part Per Million), suhu lingkungan, suhu air, kelembaban dan intensitas cahaya (Lux).

RoboTani juga bertujuan untuk meningkatkan akurasi analisis aplikasi KebunPintar yang menggunakan Machine Learning untuk membantu para petani meningkatkan efektifitas dan produktifitas kebun para petani urban di seluruh Indonesia.

Dari data yang dikirim secara kontinu ke akun KebunPintar milik petani, data tersebut akan diolah bersama dengan data tanaman yang telah diinputkan oleh petani seperti tanggal semai, jenis varietas yang ditanam, ekspetasi panen setiap masa tanam, dan sebagainya. Yang selanjutnya akan menampilkan tingkat efisiensi kebun anda apakah telah efektif & produktif atau belum.

Contoh :

Seorang petani yang belum memiliki aplikasi KebunPintar dan belum memiliki RoboTani menanam 1000 lubang pakcoy dengan estimasi panen 250gr / lubang, Saat 40 HST (Hari Setelah Tanam) petani tersebut hanya memanen sekitar 195 Kg pakcoy yang seharusnya petani berpotensi mendapatkan 250 Kg pada masa panen tersebut.

Terdapat -55 Kg kerugian yang diderita oleh petani tersebut, RoboTani dan KebunPintar hadir untuk meminimalisir hal tersebut terjadi dengan terus memberikan notifikasi ke Handphone petani jika ada parameter yang tidak berada diambang normal dan memberikan saran untuk meningkatkan produktifitas petani.

Tidak hanya itu, RoboTani juga mampu menambahkan nutrisi AB Mix secara otomatis ke dalam bak penampungan air sehingga petani tidak perlu repot-repot mengecek secara manual kandungan AB Mix menggunakan TDS Meter, pun juga tidak perlu lagi menuangkan nutrisi ke dalam bak penampungan. Seluruh kegiatan tersebut akan ditinggalkan oleh petani setelah memiliki RoboTani.

RoboTani telah didesain khusus agar mudah dioperasikan dan disertai dengan buku panduan untuk mengintegrasikan langsung ke server KebunPintar disetiap pembelian RoboTani, seluruh modul yang didapat disetiap pembelian hanya tinggal tancap dan siap di integrasikan dengan akun KebunPintar petani (plug & play).

Prototype RoboTani kali ini menggunakan WiFi untuk terkoneksi ke server KebunPintar, kedepan KebunPintar akan memproduksi RoboTani yang menggunakan SIM Card untuk terkoneksi ke server, sehingga jika kebun petani tidak memiliki akses WiFi, mereka dapat menggunakan provider yang memiliki sinyal kuat di kebun mereka.

Jika anda tertarik memiliki RoboTani, anda bisa mendaftarkan diri / join waitlist (daftar tunggu) pada link ini untuk menunggu produksi massal dan mendapatkan informasi terbaru terkait RoboTani, anda juga dapat memilih RoboTani versi WiFi atau SIM Card yang sesuai dengan kebutuhan kebun anda.

Khusus untuk 50 pendaftar KebunPintar tercepat setelah rilis RoboTani akan mendapatkan 1 Bulan Fitur Premium secara Gratis!!!