3 Hal Penting Untuk Mengenal Hidroponik Bagi Pemula

https://www.freepik.com/jcomp Hydroponics system, planting vegetables and herbs without using soil for health, Modern food and agricultural design concepts.
https://www.freepik.com/jcomp Hydroponics system, planting vegetables and herbs without using soil for health, Modern food and agricultural design concepts.

Halo, Sobat Pintar. Kali ini Kebunpintar akan membagikan tips untuk mengenal hidroponik bagi pemula. Yuk simak artikel berikut.

Sebelumnya sudah tau apa itu hidroponik kan? Untuk yang belum tau, hidroponik adalah salah satu metode budidaya pertanian dengan media tanam selain tanah. Tanaman ditempatkan pada media berupa rockwool, sekam, atau yang lainnya kemudian diletakkan pada tempat yang terdapat sumber nutrisi bagi tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh dan dapat di panen.

Nah, sudah tau kan hidroponik seperti apa? Berikut hal penting yang harus diketahui untuk mengenal hidroponik bagi pemula. Kebunpintar membaginya menjadi 3 poin yaitu :

  1. Mengenal berbagai metode hidroponik
  2. Mengetahui media tanamnya
  3. Memahami cara budidaya tanaman


1. Metode Hidroponik

Hidroponik memiliki beberapa jenis metode. Kalian bisa sesuaikan dengan kebutuhan seperti : 

  1. NFT (Nutrient Film Technique) 
  2. Sumbu (Wick)
  3. DWC (Deep Water Culture)
  4. Pengabutan (Aeroponik)
  5. Irigasi Tetes (Drip Irigation)
  6. Pasang Surut (Ebb & Flow System)

Silakan ditentukan sendiri kira-kira mana yang paling cocok untuk di terapkan di areal pekarangan/perkebunan Sobat Pintar. 

2. Media Tanam

 Karena hidroponik tidak menggunakan tanah, maka media tanam pada metode hidroponik diganti dengan bahan-bahan sebagai berikut : 

  1. Rockwool
  2. Sekam
  3. Sabut Kelapa (Cocopeat)
  4. Hidroton
  5. Perlit
  6. Pasir Kali
  7. Kerikil
  8. Pecahan Batu Bata
  9. Vermicullite
  10. Cacahan Pakis
  11. Hidrogel

Gunakan bahan yang mudah di temukan di sekitar kalian. Setiap bahan yang digunakan sebagai media tanam memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang akan di bahas di artikel lain dengan lebih jelas.

3. Cara Budidaya Tanaman

Bagian terpenting dari budidaya pertanian dengan metode hidroponik adalah dengan mengetahui bagaimana caranya suatu tanaman dapat tumbuh optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan tanaman dengan hasil yang optimal adalah sebagai berikut :

  1. Mengetahui jenis tanaman

Jenis tanaman sangat beragam. Ada yang memiliki masa panen yang cepat, ada yang lambat, ada yang satu bulan sudah panen, ada yang tiga bulan baru bisa dipanen. Selain masa panen juga perlu diperhatikan kebutuhan simat (sinar matahari) bagi tanaman. Ada yang memerlukan matahari penuh (fullsun) dan ada yang memerlukan simat dengan naungan (penghalang) sehingga tidak mengenai tanaman secara langsung. 

  1. Mengetahui syarat tumbuh tanaman

Syarat tumbuh setiap tanaman berbeda-beda. Untuk mendapatkan hasil tanaman yang sesuai maka harus diupayakan sesuai dengan syarat tumbuhnya. Misalnya stroberi yang tumbuh dengan baik pada dataran tinggi dengan suhu rendah.

  1. Kebutuhan nutrisi

Perlu diperhatikan nutrisi yang akan digunakan. Umumnya petani hidroponik menggunakan AB Mix, yaitu campuran larutan A dan B yang sudah siap diterima oleh tanaman. Selain AB Mix Sobat Pintar juga dapat menggunakan POC (pupuk organik cair) dengan dosis yang disesuaikan. 

Bagaimana? Apakah artikel ini membantu? Atau mungkin sudah ada gambaran untuk memulai budidaya hidroponik? 

One Comment on “3 Hal Penting Untuk Mengenal Hidroponik Bagi Pemula”

Comments are closed.