Rekomendasi Tanaman Hidroponik Untuk Dibudidayakan

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi membuat lahan pertanian kini semakin banyak digunakan untuk keperluan industri. Alhasil hal ini menyebabkan berkurangnya lahan pertanian atau persawahan untuk membudidayakan tanaman. Salah satu solusi agar masih bisa bercocok tanam meskipun lahan kian berkurang adalah dengan menggunakan media bertanam hidroponik. 

Tanaman hidroponik merupakan metode menanam tanaman baik sayuran atau buah yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi untuk dibudidayakan dibandingkan dengan tanaman yang ditanam melalui media tanah. Hal ini karena ada banyak faktor yang menjadi alasan kenapa hidroponik menjadi tumbuhan yang berbeda dari yang lain salah satunya dapat dikontrol dengan baik. 

Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik

Karena mudah dikontrol, anda tidak memerlukan pupuk khusus untuk membudidayakan tanaman ini. Lalu tanaman jenis apa saja yang biasa ditanam untuk media bertanam hidroponik? Berikut adalah beberapa rekomendasi tanaman yang cocok untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik. 

Tomat Ceri

Jenis tanaman yang bisa dijadikan rekomendasi media tanam hidroponik adalah Tomat ceri. Saat ini tomat ceri mulai langka di pasaran, oleh karena itu tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan secara pribadi di rumah. 

Anda bisa mendapatkan keuntungan membudidayakan tomat ceri karena populasinya saat ini yang cukup berkurang. Sama halnya dengan tanaman lain tomat ceri merupakan tanaman sayuran yang pertumbuhannya memerlukan banyak pancaran sinar matahari. Tanaman sayur ini dapat dipanen dalam waktu 8-14 minggu. 

Sayur Caisim

Jenis tanaman ini merupakan tanaman sayuran yang populer dikalangan masyarakat apalagi tanaman ini sangat cocok diolah dengan makanan rebusan mie instan. Tidak hanya itu jenis sayuran ini juga cocok dijadikan campuran penyedap pada olahan nasi goreng. 

Sayuran caisim sangat cocok menjadi tanaman budidaya media hidroponik karena  pada umumnya tanaman hidroponik Caisim membutuhkan cahaya matahari dalam proses pertumbuhannya. Kamu dapat memanen hasilnya kurang lebih dalam waktu 2-3 minggu.

Paprika

Paprika termasuk sayuran yang cocok ditanam melalui media hidroponik. Paprika dapat ditanam dengan media ini karena paprika merupakan tanaman yang tumbuh dan berkembang dengan adanya sinar matahari. Tidak hanya itu paprika dapat dipanen setelah 3 bulan proses pertumbuhannya.

Sayur Bayam 

Sayuran selanjutnya yang cocok untuk dijadikan rekomendasi tanaman media hidroponik adalah Bayam. Bayam merupakan sayuran yang tinggi akan protein dan vitamin sehingga sangat cocok untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Anda bisa menanam sayur bayam dengan media tanam hidroponik di rumah. Dengan memiliki kebun tanaman hidroponik bayam sendiri kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati olahan bayam.

Sayur bayam dapat dibudidayakan dengan suhu lingkungan tanaman yang sejuk dan stabil. Sementara itu untuk membantu proses pertumbuhannya bayam juga memerlukan cahaya matahari yang cukup. 

Demikianlah beberapa rekomendasi tanaman hidroponik yang cocok ditanam di rumah. Membudidayakan Tanaman hidroponik tidak begitu sulit karena tanaman ini tidak begitu memerlukan pupuk khusus seperti yang digunakan pada media tanam tanah. Tanaman hidroponik lebih terjamin kebersihannya dan perawatannya lebih mudah untuk kamu kontrol setiap hari.