Cara Menanam dan Jenis Sayuran Hidroponik

macam hidroponik

Bercocok tanam dapat menjadi salah satu bentuk kegiatan yang menyenangkan dalam mengisi waktu luang yang ada atau hanya sekedar menjadi kesibukan tersendiri dalam bentuk hobi yang berbeda dengan pekerjaan yang perlu untuk dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode yang cukup terkenal dan banyak digunakan serta mudah untuk dicoba yaitu dengan metode penanaman hidroponik yang mungkin lebih cocok karena penggunaannya terbilang mudah serta tidak membutuhkan tempat yang luas untuk bisa bercocok tanam menggunakan cara satu ini. Bagi yang tertarik, maka simak bagaimana cara untuk menanam serta jenis sayuran apa saja yang bisa ditanam dengan cara satu ini seperti yang akan dijelaskan berikut.

Jenis Sayuran Termasuk Tanaman Hidroponik

Salah satu tanaman yang sering dibudidayakan dengan teknik satu ini yaitu berbagai jenis sayuran karena dinilai lebih mudah serta membantu untuk memberikan hasil yang lebih maksimal sehingga menjadikannya lebih segar untuk dikonsumsi. Beberapa dari sayur hidroponik yang ada yaitu seperti misalnya, tomat, kangkung, seledri, selada, bayam, dan lain sebagainya yang memiliki jenis pohon serupa sehingga mampu untuk dihasilkan dengan menggunakan metode tanam satu ini. Biasanya banyak dari para petani sayuran yang memilih menggunakan cara  satu ini dikarenakan lebih ramah terhadap lingkungan dan tidak perlu melibatkan penggunaan pestisida sehingga tanaman yang dihasilkan juga tergolong lebih sehat.

Langkah dan Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Mudah

Memang bisa dikatakan bahwa hidroponik sederhana tergolong dapat dilakukan oleh siapa saja selama mengetahui bagaimana cara untuk menanam dengan teknik satu ini secara tepat serta benar. Sebenarnya langkah yang perlu untuk dilakukan sendiri juga tidak susah dan bisa dipraktekkan dengan mudah di rumah selama memahami bagaimana cara untuk melakukannya sehingga nantinya hasil sayuran atau tanaman lain yang dibudidayakan juga berkualitas dengan baik.

Berikut ini merupakan langkah untuk melakukan cara tanam hidroponik dengan mudah diantaranya:

  1. Mempersiapkan seluruh bahan yang diperlukan dalam menjalankan teknik tanam satu ini seperti arang sekam, benih sayuran, tray yang digunakan sebagai media penyemaian, dan juga polybag.
  2. Masukkan arang sekam yang sudah disiapkan ke dalam tray bersama dengan benih. Pastikan bahwa benih tertutup arang sekam dengan baik dan tutup sampai kurang lebih selama dua hari.
  3. Tunggu sampai dua minggu sebelum dipindahkan ke media tanam yang lainnya.
  4. Pindahkan ke rak hidroponik sehingga bisa berkembang dan tumbuh dengan baik serta lakukan proses pengecekan rutin agar tanaman tetap mendapatkan nutrisinya dengan baik.

Itu tadi merupakan proses serta beberapa jenis sayuran yang dapat dibudidayakan dengan metode hidroponik yang lebih mudah serta ramah lingkungan. Selama cara pelaksanaannya benar, maka tanaman yang dihasilkan juga akan segar.