20 Manfaat Terbaik Dari Budi Daya Tanaman Hidroponik

Bagi sebagian rumah tangga, saat ini banyak yang membudidayakan tanaman hidroponik di lingkungan rumahnya. Banyak sekali manfaat dari tanaman hidroponik dan cara membudidayakannya pun sangat mudah. Selain mudah, budidaya tanaman hidroponik juga tidak terlalu banyak memakan biaya. Maka dari itu budidaya tanaman hidroponik sangat diminati oleh masyarakat. 

Manfaat tanaman hidroponik memang sangat menguntungkan. Bahkan hampir tidak ada kerugiannya sama sekali. Budidaya tanaman hidroponik menjadi metode bercocok tanam paling favorit sehingga banyak masyarakat yang mempraktekannya di lingkungan rumah. 

Manfaat tanaman hidroponik di lingkungan rumah bagi masyarakat, antara lain: 

  1. Bebas dari pemakaian pestisida / bahan-bahan kimia yang berbahaya
  2. Kandungan gizi lebih banyak dan tinggi karena tidak ada penggunaan pestisida sama sekali.
  3. Bisa menggunakan lahan yang sempit atau lahan terbatas karena tidak perlu menggunakan pot atau polybag yang besar atau tanah yang luas. Dan penggunaan lahan lebih efisien, tidak makan banyak tempat. 
  4. Bisa dibudidayakan di atap rumah
  5. Pemakaian pupuknya sangat hemat 
  6. Tanamannya tumbuh lebih cepat, karena tanaman yang ditanam dengan media air akan jauh lebih baik perkembangannya, karena nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman akan lebih mudah diserap. 
  7. Tanamannya bisa lebih cepat tumbuh, apabila dikelola secara tepat dan berkualitas 
  8. Tanaman hidroponik lebih cepat dipanen karena hasil panennya bisa diambil sewaktu-waktu dan sangat mudah diambil.
  9. Meminimalisir timbulnya hama yang menjadi musuh utama dari tanaman, namun pada metode hidroponik jarang muncul adanya hama karena biasanya hama muncul dari tanah, bukan dari air, metode hidroponik menggunakan media air. 
  10. Tidak membutuhkan banyak tanah karena media yang digunakan menggunakan media air
  11. Tidak perlu membutuhkan banyak penggunaan air karena air akan terus disirkulasikan pada sistem hidroponik yang sudah dibuat. 
  12. Menjadi sarana hobi yang positif karena lebih menyenangkan, kita bisa berkreasi sendiri dan bisa berinovasi sesuai keinginan kita 
  13. Bisa mencukupi kebutuhan pangan secara mandiri 
  14. Membuat rumah menjadi lebih segar dan sejuk
  15. Hasil tanamannya lebih steril dan sehat  
  16. Tidak tergantung dengan iklim/musim, bisa bercocok tanam kapan saja
  17. Tidak perlu menyirami tanaman, karena media yang digunakan sudah menggunakan air. 
  18. Menghemat pengeluaran anggaran belanja sayuran karena kita bisa memanen sayurannya dan langsung bisa kita masak
  19. Menyegarkan mata ketika memandang tumbuhan yang hijau dan segar, membantu menyegarkan kembali mata yang lelah dan pikiran yang penat karena kerjaan di kantor. 
  20. Membantu mengurangi polusi udara disekitar rumah 

Manfaat tanaman hidroponik sangat beragam maka dari itu hidroponikmenjadi pilihan keluarga untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran hasil panen sendiri yang bebas dari bahan-bahan kimia atau pestisida dan memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.