3 Kelebihan Utama Dalam Penanaman Sistem Hidroponik

Pada umumnya, secara alami tanaman bisa hidup sendiri dengan mengambil mengambil nutrisi yang mereka dapat dari media tumbuh alias tanah, tapi berbeda jika anda memakai teknik tanam hidroponik. 

Bagi anda yang belum mengenal teknik ini, penanaman sistem hidroponik sendiri adalah sebuah metode budidaya diluar kondisi tumbuh alami menggunakan media tanah. Dengan menggunakan metode satu ini, proses pertumbuhan dari tanaman bisa lebih efektif. Hal ini dikarenakan berkurangnya perebutan nutrisi dengan tanaman yang lain, yang biasanya akan terjadi dalam budidaya tanaman memakai tanah.

Tanaman yang nanti tumbuh menggunakan sistem hidroponik tidak butuh jaringan akar kompleks untuk bisa menyerap banyak nutrisi. Jadi energi yang didapat tanaman bisa lebih difokuskan pada pertumbuhan buah, bunga, sampai daun.

Kelebihan Penanaman Sistem Hidroponik 

Popularitas penanaman sistem hidroponik pada dunia pertanian ini bahkan telah menjadi salah satu tren baru di kalangan masyarakat awam. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat ada berbagai kelebihan sistem hidroponik yang bisa didapat. 

Beberapa kelebihan tersebut adalah,

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sistem hidroponik dan tidak dimiliki oleh sistem tanam konvensional. 

1. Lebih Bebas dari penyiraman

Kelebihan perdana dan yang paling disukai banyak orang yang menggunakan hidroponik ini yaitu perawatan seperti penyiraman tanaman menjadi lebih minim dari biasanya. 

Karena terdapat sistem sirkulasi air yang menjadi hal utama dalam media tanamnya, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menyiram tanaman tiap hari maupun memberikan pupuk dalam waktu tertentu. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nutrisi yang diperlukan penanaman sistem hidroponik ini dengan mudah dilarutkan menggunakan air. 

Hasilnya adalah, proses pertumbuhan hidroponik yang akan lebih baik dikarenakan nutrisi tanaman bisa dapat langsung diserap dengan lebih efisien dan efektif.

2. Lebih menghemat energi

Kelebihan sistem hidroponik selanjutnya adalah, anda bisa lebih menghemat energi saat melakukan budidayanya. 

Jadi bukan cuma lebih hemat dalam pemakaian air serta lebih minim perlakuan lainnya, perawatan yang diperlukan oleh penanaman sistem hidroponik ini relatif minim, jadi bisa lebih menghemat energi secara efisien. 

Anda pun juga tidak butuh mengeluarkan banyak biaya jika ingin membeli alat maupun bahan-bahan penghilang hama.

Alhasil, sayuran hidroponik ini pun lebih mempunyai kualitas lebih baik, dikarenakan terbebas dari gangguan hama maupun berbagai zat kimia.

3. Tidak butuh perlakuan khusus

Masing-masing tanaman biasanya membutuhkan tingkat stabilitas pH air berbeda, jadi akan membutuhkan perhatian khusus yang biasanya akan lebih memakan banyak sumber daya. 

Nah, dan inilah kelebihan sistem hidroponik lain yang disukai banyak pembudidaya. 

Yaitu anda tidak perlu lagi kesulitan saat ingin menentukan dan menjaga stabilitas pH air pada media tanam. 

Hal ini karena salah satu media tanam yang digunakan dalam penanaman sistem hidroponik ini adalah air, dan pH air sendiri di kisaran sekitar 6,5 – 7,5 yang terbilang sangat ideal untuk digunakan pada pertumbuhan berbagai jenis tanaman. 

Bahkan jika dibutuhkan pengendalian pada pH air khusus pun, proses yang anda butuh juga akan lebih mudah dikarenakan sistem tanam yang sudah menggunakan tersebut.