4 Keunggulan Menanam Hidroponik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa semakin hari semakin sempit. Ini membuat kita tidak bisa bercocok tanam khususnya bagi yang hobi bertanam. Namun saat ini sudah ditemukan berbagai macam metode penanaman dalam memanfaatkan lahan yang sempit. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode tanam hidroponik. Ada banyak keunggulan menanam hidroponik yang bisa dirasakan. 

Keuntungan Menggunakan Metode Hidroponik

Metode tanam hidroponik banyak digunakan oleh semua orang yang tinggal di perkotaan. Mereka bisa menanam berbagai macam jenis tanaman meskipun lahan yang dimilikinya sempit. Cara ini menjadi salah alternatif bagi yang ingin menanam berbagai macam tanaman di perkotaan. Selain itu, tentu saja anda akan mendapatkan banyak pelanggan keunggulan menanam hidroponik ini. Berikut ini adalah penjelasannya yaitu:

  1.  Hemat Air 

Menanam menggunakan media hidroponik menawarkan pengolahan tanah yang lebih mudah dan juga sangat hemat air. Ini dilakukan dengan pengairan air melalui pipa pipa yang terus mengalir. Air akan melalui perputaran tersebut dan tidak akan ada yang terbuang. Air ini digunakan untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Anda juga bisa menambahkan pelarut nutrisi ke dalam air. 

Efisiensi pemakaian dalam hidroponik mencapai 10% dari keperluan air untuk tumbuhan di tanah. Metode ini sangat cocok digunakan untuk wilayah pertanian maupun perumahan yang memiliki persediaan air terbatas. Meskipun begitu, tumbuhan akan tetap subur dan berkembang selama nutrisinya terpenuhi. 

  1. Tidak Butuh Lahan yang Luas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem penanaman menggunakan media hidroponik ini sangat cocok untuk lahan yang kurang luas.  Dengan lokasi yang seadanya tetap bisa melakukan kegiatan bercocok tanam dengan menggunakan metode ini. Semua tergantung dengan sistem hidroponik yang digunakan. Contohnya saja menanam hidroponik dengan cara horizontal maupun vertikal, bertumpuk atau bertingkat dan lainnya.

  1.  Lebih Bersih dan Jarang Terserang Penyakit

Pada dasarnya, sistem budidaya tanaman hidroponik tidak memerlukan pupuk maupun tanah. Dengan begitu proses perkebunan menjadi lebih bersih dan juga mudah. Anda tidak perlu repot untuk mengganti tanah maupun memberi pupuk atau menyirami serta mengecek kondisi akar dengan cara mencungkil tanah. Ini tentu saja akan lebih menghemat waktu.

Sistem hidroponik ini juga tidak menghasilkan limbah yang berbahaya. Selain itu, tanaman ini juga jarang terserang penyakit karena terus mendapatkan nutrisi yang cukup melalui air yang mengalir sepanjang pipa. Kemungkinan keberhasilan menanam menggunakan metode ini sangatlah besar. 

  1.  Menghasilkan Kualitas Terbaik

Keunggulan menanam hidroponik adalah bisa mendapatkan kualitas tanaman yang baik. Hal ini karena dengan menggunakan metode ini tanaman akan lebih jauh terus nutrisi dengan baik. Maka tidak heran pertumbuhan dan perkembangannya juga cukup cepat dan membuat keuntungan semakin meningkat. 

Sistem ini juga memungkinkan untuk bisa menanam buah dan sayuran dengan hasil yang maksimum. Ini tidak bergantung dengan cuaca sehingga akan menyambung kesediaan sayur dan buah segar setiap hari di rumah. Inilah yang menjadi hal sangat menyenangkan. 

Itulah tadi beberapa keunggulan menanam hidroponik yang bisa dirasakan. Metode menanam ini jelas sangat menguntungkan. Jadi, yuk Segera gunakan metode hidroponik untuk menghasilkan tanaman berkualitas.