5 Hal Penting Hidroponik yang Perlu Diperhatikan

Pada dasarnya, budidaya tanaman hidroponik dengan menggunakan media air menjadi salah satu media tanam yang sangat diminati saat ini. Para penggunanya yang sangat mudah serta praktis bisa membuat orang lain mulai banyak menggunakan metode tanam satu ini. Namun tentu saja ada hal penting hidroponik yang harus diperhatikan saat menanamnya di area rumah. 

Sebelum Gunakan Media Hidroponik,Perhatikan Hal Berikut

Budidaya tanaman hidroponik merupakan sebuah metode penanaman yang menggunakan media air sebagai salah satu media tanam. Penggunaan yang cukup mudah serta praktis bisa menyebabkan semua orang mula menggunakan media ini untuk menanam di area sekitar rumah. Akan tetapi di dalam melakukannya aku, perlu diperhatikan beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  1. Memastikan Tanaman Terkena Sinar Matahari yang Cukup

Pada dasarnya, sinar matahari merupakan sebuah sumber utama dalam proses fotosintesis pada tumbuhan. Tidak terkecuali pada tumbuhan hidroponik. Tumbuhan hidroponik memerlukan sinar matahari yang cukup. Penggunaan sinar matahari ini akan berdampak pada kondisi tanaman yang sedang ditanam.

Dalam budidaya tanaman hidroponik di outdoor tentu saja membutuhkan sinar matahari kurang lebih 4 sampai 6 jam perhari. Jika menggunakan lampu LED maka tumbuhan memerlukan sekitar 14 hingga 16 jam perhari. Banyak sedikitnya cahaya sangat mempengaruhi kesuburan pada tanaman. 

  1. Penggunaan Rumah Plastik  UV

Alat ini digunakan sebagai media Untuk menghindarkan dari air hujan maupun paparan sinar matahari. Berbeda dengan tanaman yang lainnya, pada saat air hujan mengenai tanaman hidroponik agar bisa menyebabkan konsentrasi air menjadi lebih encer.  Ini bisa menyebabkan komposisi air nutrisi menjadi lebih sedikit daripada biasanya. Tentu saja hal ini akan berdampak kepada kebutuhan nutrisi tanaman menjadi tidak tercukupi. Selain itu, juga perlu adanya penggunaan sinar matahari secara langsung supaya tidak mengakibatkan layu pada daun. 

  1. Selalu Rajin dalam Memeriksa Kondisi Tanaman

Pemeriksaan secara rutin kondisi tanaman menjadi salah satu hal yang penting dalam proses penanaman tanaman hidroponik. Pastikanlah semua nutrisi serta unsur hara pada tanaman tercukupi dengan baik. Ini menjadi salah satu hal penting hidroponik yang mana akan menentukan kualitas dari tanaman. Hal ini karena tanaman hidroponik memerlukan nutrisi yang cukup. 

  1.  Perhatikan  Konsentrasi   Air Baku 

Memperhatikan bagaimana kualitas pada tanaman hidroponik memang sangat penting. Kualitas air yang akan digunakan untuk menanam ini sebaiknya memiliki kadar PPM yang berada dibawah 100 BPM dengan PH 6 sampai 6,5. Air yang digunakan adalah air destilasi dengan kadar 0 ppm. 

  1. Penggunaan Alat dan Bahan

Alat dan bahan jadi salah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman hidroponik. Ini digunakan dengan keadaan steril atau tidak sedang terkontaminasi. Apabila terkontaminasi maka bisa berakibat munculnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri maupun virus. Ini bisa merusak tanaman. Alat dan bahan yang sudah steril akan mempengaruhi dampak kesehatan pada tanaman hidroponik. Alat dan bahan yang dapat digunakan adalah pot, pipa omah talang dan lainnya

Bagi yang ingin menggunakan media tanam hidroponik untuk keperluan bercocok tanam tanam maka perlu sekali memperhatikan 5 hal penting hidroponik tersebut. Tanaman hidroponik bisa tumbuh dengan baik asalkan bisa dirawat dengan baik pula.