5 Manfaat Menanam Seledri Hidroponik di Rumah

Sering sekali kita menjumpai seledri di berbagai macam menu makanan sebagai bahan campuran, karena rasanya yang enak dan kaya vitamin. Seledri menjadi sayur favorit bagi sebagian kaum muda dan menjadi kebutuhan sehat bagi hampir semua orang tua. Seperti yang kita ketahui, seledri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, antara lain seperti menurunkan tekanan darah, memelihara kesehatan jantung, mengontrol gula darah dan masih banyak lagi. 

Namun, terkadang seledri yang dijual di pasar atau pedagang sayur keliling sangat cepat habis. Tentu saja karena banyak sekali peminat sayur seledri ini. Terkadang, fenomena cepat terjualnya seledri ini membuat kesal orang yang sudah sangat membutuhkan seledri. Kalau sudah begini, kenapa kita tidak mencoba menanam tanaman hidroponik seledri saja di rumah?

Syarat menanam tanaman hidroponik seledri sangatlah mudah, cara menanamnya juga tidak ribet dan kotor, karena tanaman hidroponik adalah tanaman yang ditanam menggunakan air, bukan menggunakan tanah. Selain itu, kita hanya memerlukan bibit seledri yang dapat dibeli di toko pertanian dan media tanam seperti botol bekas, pipa paralon, toples atau ember. Namun kebanyakan orang menanam hidroponik dengan media tanam pipa paralon.

Menanam tanaman hidroponik seledri di rumah sangat menguntungkan bagi pemilik rumah. Ini dia 5 manfaat yang bisa kita dapatkan dari menanam seledri sebagai tanaman hidroponik di rumah.

  1. Bermanfaat untuk kesehatan setiap kali dibutuhkan

Terkadang, orang tua memiliki rutinitas minum air seledri hangat atau jus seledri untuk kebutuhan kesehatannya. Dengan menanam hidroponik seledri di rumah, mereka tidak perlu lagi membeli seledri ke pasar. Hanya tinggal petik ketika seledri sudah bisa dipanen.

  1. Bisa dipetik kapanpun untuk bahan memasak 

Tidak hanya untuk kesehatan, seledri juga sering sekali dijadikan pelengkap saat memasak, terutama sebagai pelengkap di sayur kuah bening agar aromanya semakin harum. Seledri juga bisa dijadikan hiasan masakan. Jadi, tidak perlu menunggu pagi buta lagi untuk memasak makanan yang menggunakan bahan seledri, karena kita bisa memetiknya kapan saja di rumah.

  1. Memanfaatkan lahan sempit di rumah

Jarang sekali orang memiliki lahan kosong yang luas. Oleh karena itu mereka memiliki lahan sempit saja yang tidak tau harus diisi apa. Nah, daripada lahan sempit itu menganggur, akan lebih baik jika memanfaatkannya untuk tanaman hidroponik seledri. 

  1. Menjadi hiasan di rumah

Seledri juga bisa membuat rumah kita terlihat lebih asri dan indah. Terutama jika menanam seledri sebagai tanaman hidroponik menggunakan media tanam pipa paralon atau menggunakan botol bekas yang didesain kreatif, kemudian digantung seperti tanaman anggrek hias. Pasti rumah akan terasa lebih segar dan hijau.

  1. Menghemat biaya

Jika kita hitung, biaya untuk membeli bibit seledri dan media tanam seperti pipa paralon tidak menghabiskan banyak biaya apalagi jika menanam seledri hidroponik dilakukan hingga bertahun – tahun kemudian.