5 Tanaman Hidroponik dengan Waktu Panen Singkat

Tanaman hidroponik saat ini memiliki eksistensi yang tinggi di kalangan masyarakat. Hal ini karena terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh tanaman yang hidup menggunakan media air ini. Kelebihan tersebut seperti terbebasnya tanaman dari pestisida, sistem pertumbuhan yang bagus, dan kondisi tanaman yang segar dan tidak kotor saat pemanenan. Bahkan terdapat jenis tanaman hidroponik yang memiliki waktu panen lebih cepat dibandingkan tanaman lainnya.

Tidak hanya itu, tanaman tersebut juga relatif mudah dalam masa perawatannya sehingga tidak akan memberikan kesulitan yang besar bagi Anda sebagai pemula. Lalu, apa sajakah tanaman hidroponik yang memiliki waktu panen cepat itu? Yuk simak uraian berikut ini!

Contoh Tanaman Hidroponik dengan Waktu Panen Cepat

Beberapa tanaman yang bisa Anda budidayakan secara hidroponik dengan waktu panen yang singkat, seperti :

Sawi hijau

Sawi hijau merupakan jenis tanaman yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, bisa tumbuh sepanjang tahun, dan memiliki sistem perawatan yang mudah. Dalam sistem budidaya menggunakan hidroponik terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan yakni penanaman menggunakan biji dan bibit. Apabila Anda membudidayakan sawi hijau dengan biji maka tanama ini akan siap panen dalam waktu 40-60 hari. Namun, jika Anda membudidayakan sawi hijau menggunakan bibit maka Anda bisa memanen hasil hidroponik dalam waktu 25 hingga 30 hari.

Bayam

Bayam menjadi salah satu tanaman yang bisa dibudidayakan menggunakan hidroponik dan tidak memerlukan lahan luas untuk penanamannya. Bahkan dalam masa perawatannya Anda juga tidak perlu repot untuk memberikan hal khusus. Cukup dengan sistem aliran air dan nutrisi yang lancar maka tanaman ini akan mudah tumbuh dan siap panen dengan rentang waktu 25 hingga 30 hari saja. Bayam juga jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan sinar matahari yang minim.

Kangkung

Tanaman hidroponik lainnya yang bisa Anda budidayakan dengan mudah adalah kangkung. Kangkung memiliki waktu panen 4 hingga 6 minggu melalui sistem budidaya hidroponik. Anda bisa mengaplikasikan berbagai macam metode untuk penanaman tanaman ini. Tentunya dengan waktu panen yang lebih cepat maka Anda bisa lebih banyak membudidayakan kangkung dalam waktu yang singkat pula.

Selada

Selada menjadi jenis tanaman hidroponik yang banyak disukai oleh masyarakat. sayuran ini biasanya diolah menjadi sayur pendamping untuk salad dan jenis makanan lainnya. Bahkan dari semua jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dengan hidroponik, selada menjadi tanaman paling favorit dan identik. Tanaman ini bisa Anda panen dalam waktu 30 hingga 40 hari menggunakan berbagai macam metode hidroponik. Dengan ini, Anda bisa menikmati sayuran tanpa pestisida dengan cepat bahkan Anda bisa menjadikan tanaman tersebut sebagai komoditas usaha.

Kacang Panjang

Contoh tanaman hidroponik berikutnya yang bisa Anda budidayakan dengan mudah adalah kacang hijau yang banyak digemari oleh masyarakat. Tanaman ini bisa Anda panen dalam waktu 15 hari dan pastinya sangat cocok untuk budidaya hidroponik rumahan.

Setelah mengetahui beberapa tanaman hidroponik yang memiliki waktu panen cepat dengan sistem perawatan yang mudah. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan tanaman menggunakan sistem hidroponik? Jangan ragu untuk memanfaatkan sistem budidaya tanaman menggunakan air ini karena Anda bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk memperoleh tanaman dalam jumlah yang banyak.