Bisakah Tomat Ditanam Secara Hidroponik?

Bisakah tomat ditanam secara hidroponik? Jawabannya adalah sangat bisa. Siapa bilang tomat hanya bisa tumbuh diatas tanah? Tomat juga bisa tumbuh dengan non tanah dan cara merawat yang tepat. Sama halnya dengan menanam tanaman hidroponik lain, menanam tomat hidroponik juga memiliki cara yang kurang lebih sama.

Sebelum mulai, kamu bisa menyiapkan apa yang diperlukan untuk menanam seperti bibit tomat, media tanam seperti pot hidroponik atau pipa paralon, serta nutrisi untuk tanaman hidroponik. Kemudian lakukan proses pemilihan bibit tomat yang bagus dengan cara merendam bibit selama 15 – 20 menit, bibit tomat yang bagus adalah bibit yang tetap tenggelam.

Setelah merendam bibit tomat, kamu bisa langsung memulai proses penyemaian. Biasanya proses penyemaian akan berlangsung selama 2 hari hingga bibit tomat terlihat sudah tumbuh kecambah. Proses selanjutnya adalah memindahkan bibit yang sudah tumbuh kecambah ke tempat yang terkena sinar matahari sambil dipantau dan diberi air, proses ini membutuhkan waktu sekitar 21 hari sampai kecambah tadi tumbuh menjadi tunas sejati.

tomat hidroponik

Langkah selanjutnya, tunas tomat sudah bisa dipindah ke sistem hidroponik dan beres. Kamu tinggal menjaga tanaman tomat dari hama dan merawatnya dengan baik. Caranya adalah dengan menyemprot tomat dengan fungisida dan insektisida atau bakterisida supaya tomat terjaga dari hama dan bakteri. Nutrisi juga penting diberikan kepada tanaman tomat ini, nutrisi yang digunakan adalah nutrus AB mix yang bisa kamu beli di toko pertanian terdekat. Serta jangan lupa mengaliri air yang cukup, tanaman hidroponik memiliki penggunaan air 90% lebih efektif daripada metode menanam tomat di tanah. 

Biasanya setelah kurang lebih 3 bulan, tomat hidroponik sudah siap dipanen. Sangat mudah bukan menanam tomat dengan sistem hidroponik? Kamu bisa melakukan ini di rumah, apalagi jika kamu memiliki lahan kosong yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, menanam tomat juga akan memberikan keuntungan untukmu. Rumah bisa menjadi lebih segar dengan adanya tanaman lalu kebutuhan keluargamu akan tomat juga akan terpenuhi.

Menanam tomat dengan sistem hidroponik juga memberikan keuntungan lain seperti pertumbuhan tomat yang lebih cepat daripada menggunakan tanah di kondisi tertentu, tingkat pertumbuhannya bisa mencapai 30% – 50% lebih cepat. Dengan cahaya dan suhu yang tepat, tanaman tomat dengan sistem hidroponik dapat tumbuh sepanjang tahun sehingga hasil tomat melimpah.

Selain untuk konsumsi pribadi, tomat yang ditanam dengan sistem hidroponik dan dalam jumlah yang banyak bisa menjadi lahan bisnismu. Hasil tanaman hidroponik dikenal dengan hasil tanaman yang sehat dan bersih karena tidak menggunakan tanah, sehingga kamu bisa memperjualkan tomat hasil tanaman hidroponikmu sendiri. Menanam tomat dengan sistem hidroponik tidak hanya membantu menghemat biaya pengeluaran tapi juga dapat menghasilkan cuan untukmu. Yuk, mulai budidaya tomat hidroponik di rumah.