Budidaya Tanaman Kangkung Hidroponik

Tanaman kangkung hidroponik ternyatatidak terlalu sulit untuk dilakukan, kita hanya mempersiapkan media air yang sudah dicampur dengan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman kangkung dan ketersediaan air harus melimpah. Tanaman kangkung termasuk tanaman sayuran yang paling gampang tumbuh dengan metode hidroponik. Caranya juga sangat mudah sehingga banyak para pemula untuk budidaya sayuran kangkung dan selalu sukses. 

Tanaman kangkung hidroponik bisa kita praktekkan sendiri di rumah dengan cara sebagai berikut: 

  1. Menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan, seperti : benih kangkung,  pupuk hidroponik, zat pengatur tumbuh atau ZPT, sedangkan alat yang dibutuhkan hanya besek atau baskom plastik dan kain saja. 
  2. Tahap penyemaian, pada tahap ini sebelum kita menyemai, kita harus benar-benar memastikan terlebih dahulu untuk benih yang akan kita tanam memiliki kualitas yang bagus. Untuk memastikan benih yang bagus adalah caranya sebagai berikut:
  1. Siapkan wadah atau baskom yang sudah berisi air, kemudian beberapa benih di taruh ke dalam baskom tersebut.
  2. Biarkan dulu selama 24 jam, kemudian amati benih  yang mengapung dan yang tenggelam 
  3. Benih yang mengapung lebih baik dibuang atau tidak perlu dipakai karena pertumbuhannya biasanya sangat lambat dan benihnya tidak dapat berkecambah.

Kemudian cara untuk menyemai benih kangkung adalah kita bisa menggunakan kain untuk menahan air, kemudian bungkus benih yang sudah direndam dengan kain, kemudian siram dengan air hangat secukupnya saja. 

  1. Menggunakan pupuk, biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk AB mix,caranya sangat mudah yaitu : 
  1. Menyiapkan baskom yang sudah berisi air sekitar 1 liter air 
  2. Campur dengan 5 ml  pupuk A dan 5 ml pupuk B 
  3. Kemudian aduk campuran air dan pupuknya. 
  4. Memindahkan besek, caranya adalah dengan meletakkan besek yang sudah berisi benih kangkung di atas baskom yang sudah berisi larutan pupuk, dan letakkan tanaman kangkung di bawah sinar matahari. 
  5. Cara merawat tanaman kangkung hidroponik, cara merawatnya sangat mudah, ketika umur tanaman sudah ada sekitar dua minggu, maka konsentrasi larutan akan terus bertambah. Sehingga kita harus selalu rajin menambahkan larutan pupuk dari yang 5 ml menjadi 9 ml per satu liter air. Setelah itu apabila sudah mulai muncul bau, maka harus diganti larutan pupuknya. Kemudian setelah kangkung sudah berumur 4 sampai 6 minggu, itu artinya sayuran kangkung sudah siap di panen.    

Tanaman kangkung hidroponik point yang paling penting adalah ketika kita menanam kangkung hidroponik adalah kita harus rajin dan telaten dalam mengecek pertumbuhan kangkung, untuk cara menanam kangkung hidroponik yang efisien adalah dengan menanam banyak benih dalam satu wadah saja.