Ingin Budidaya Hidroponik? Berikut Peralatan Tanaman Hidroponik!

faktor pertumbuhan tanaman hidroponik

Apakah kamu sedang memiliki rasa ketertarikan terhadap tanaman hidroponik dan ingin mempelajarinya? Maka, tahap awal yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengenal lebih jauh peralatan tanam hidroponik dan bahan yang diperlukan. Lalu, apa saja peralatan yang perlu digunakan untuk dapat melakukan budidaya tanaman secara hidroponik. Berikut ini merupakan beberapa peralatan dan bahan hidroponik beserta fungsinya yang cocok untuk dilakukan agar dapat membantu untuk melangsungkan budidaya hidroponik ini.

Berikut Merupakan Media Hidroponik Yang Perlu Dipersiapkan

Media hidroponik yang dimaksudkan yaitu wadah untuk menampung larutan yang sudah mengandung pupuk dan digunakan untuk menaruh pot atau netpot.

Pipa

Salah satu wadah yang digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik yaitu dengan menggunakan pipa. Biasanya akan menggunakan pipa PVC yang dapat digunakan untuk menanam sayuran hidroponik. Dengan menggunakan pipa PVC ini, kamu juga dapat menanam sayuran dengan vertikal atau horizontal. Dalam pemilihan pipa, kamu juga harus memilih pipa yang tepat dari sisi ukuran dan ketebalan yang pipa yang akan digunakan.

Talang Air

Peralatan tanam hidroponik selanjutnya yaitu kamu dapat menggunakan talang air yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menampung larutan mineral yang berfungsi untuk menampung nutrisi tanaman. Karena tanaman hidroponik juga membutuhkan.

Styrofoam

Benda ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat yang digunakan untuk menyalurkan hobi budidaya tanaman hidroponik. Penggunaan styrofoam ini biasanya dipakai dalam budidaya hidroponik dengan menggunakan sistem wick, beberapa dari para pengguna styrofoam yang dijadikan sebagai tanaman hidroponik ini juga dengan menggunakan sumbu yang berasal dari kain flanel. Selain bahan yang bahannya yang sangat ringan dan tahan lama, bahan dari styrofoam ini juga sangat mudah untuk dilubangi sebagai tempat menaruh pot. 

Bambu

Siapa yang menyangka jika bambu juga dapat digunakan untuk menanam sayuran hidroponik? Bahkan penggunaan bambu sebagai salah satu wadah untuk menanam sayuran hidroponik menjadi sangat unik dan klasik. Tetapi, untuk melubangi bambu yang akan digunakan sebagai netpot ini terbilang sedikit sulit jika dibandingkan dengan media lainnya. 

Jerigen

Selain beberapa wadah yang sudah disebutkan, kamu juga dapat menggunakan media jerigen untuk tanaman hidroponik yang akan dikelola. Kamu bahkan dapat memanfaatkan jerigen ini dengan kreatif, seperti halnya dari penataannya. Menanam sayuran hidroponik pada jerigen ini juga dapat mempercantik taman ketika akan memetik sayuran.

Pot atau Netpot

Netpot juga merupakan salah satu kelengkapan yang akan kamu perlukan untuk dapat melakukan budidaya tanaman hidroponik. Karena netpot ini akan digunakan untuk menempatkan tanaman pada instalasi hidroponik. Kamu dapat membeli netpot ini pada toko pertanian. Mereka akan menyediakan berbagai ukuran dan model yang tersedia disana.