Ingin Panen Sayur Setiap Saat, Yuk Cobain Tanam 6 Sayur Hidroponik ini

Media tanam hidroponik merupakan tren bercocok tanam kekinian yang patut dicoba. Beberapa kelebihan yang ditawarkan seperti hemat lahan, hemat air, hemat energi, ramah lingkungan, teknik bertanam ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjajal bertani kecil-kecilan di rumah. 

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah sayur hidroponik lebih sehat karena teknik berkebun yang minim bahan kimia seperti penggunaan pestisida untuk mengusir hama, atau penggunaan fungisida bahkan plastik pelindung. 

Nah, bagi anda yang tertarik menggeluti teknik bercocok tanam ini, berikut penulis rangkum sayuran apa saja yang bisa anda budidayakan di rumah.

Selada

Bagi anda yang baru saja terjun dalam teknik tanam menggunakan sistem hidroponik, tanaman pertama yang disarankan untuk anda adalah Selada. Mengapa demikian? Tentu saja karena perawatannya mudah dan tidak ribet. Disisi lain selada memiliki proses pertumbuhan yang relatif cepat. Jadi, anda bisa langsung menikmatinya. 

Bayam

Sayuran berikutnya yang bisa anda tanam adalah bayam. Seperti yang kita tahu bahwa bayam memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Dengan menggunakan teknik tanam ini anda bisa memanen bayam dengan perkiraan waktu kurang lebih 35 hari. 

Timun 

Selanjutnya ada timun. Siapa sangka timun juga bisa dibudidaya menggunakan teknik ini. Anda dapat melakukannya dengan menanam timun menggunakan media arang sekam. Pastikan tanaman timun anda terpapar sinar matahari dan mendapatkan pengairan yang cukup. 

Kangkung

Salah satu sayur hidroponik yang sangat populer adalah kangkung. Sebelum menanam kangkung pilihlah benih yang berkualitas agar anda dan keluarga dapat menikmati kangkung dari hasil panen sendiri dengan hasil yang memuaskan.

Langkah yang bisa anda lakukan dalam menanam kangkung adalah dengan merendam benih kangkung menggunakan air hangat kurang lebih selama 5 jam, setelahnya pindahkan benih tersebut ke tisu basah sampai kecambah mulai tumbuh selanjutnya siap ditanam menggunakan metode hidroponik. 

Kale

Tanaman hidroponik selanjutnya adalah Kale. Kale sendiri dikenal sebagai tanaman kekinian yang sedang naik daun dan banyak peminatnya, apalagi bagi orang-orang yang sedang program diet. 

Pemanenan tanaman kale sendiri memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 60 – 70 hari. Nah, bagi anda yang ingin menanam tumbuhan ini harus bersabar melewati prosesnya. 

Pakcoy

Tanaman selanjutnya yang cukup populer dengan system ini adalah Pakcoy. Sama mudahnya dengan menanam selada, Pakcoy dianjurkan bagi anda yang masih pemula. Anda bisa menikmati hasil panen Pakcoy dalam kurun waktu kurang lebih 45 hari. 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa jenissayur hidroponik yang bisa anda coba tanam di rumah. Yuk mulai menanam menggunakan teknik tersebut, dengan begitu anda dan keluarga dapat menikmati sayur berkualitas dan lebih terjamin kesegarannya. Selamat mencoba dan nikmati sayur mayur setiap harinya.