Ini Dia, Jenis Tanaman Hidroponik yang Dapat Dibudidayakan

Hampir semua tanaman sebenarnya bisa kita budidayakan menggunakan metode hidroponik. Akan tetapi, biasanya tanaman hidroponik berasal dari kelompok buah dan juga sayur. Sebab, jenis tanaman tersebut cenderung lebih mudah dirawat.

Hidroponik sendiri adalah salah satu cara budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam. Dimana budidaya jenis ini banyak dipilih orang karena mempunyai berbagai macam keuntungan. Seperti adanya jaminan bahwa tanaman akan tumbuh dengan subur dan berproduksi dengan optimal. Lalu perawatan yang diperlukan juga cukup praktis dan Anda dapat mengontrol serangan hama dengan lebih baik.

Untuk Anda yang tertarik melakukan budidaya tanaman hidroponik di rumah. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai jenis tanaman yang bisa Anda budidayakan dengan metode hidroponik:

Jenis Tanaman Hidroponik

Kesuksesan hidroponik umumnya akan dipengaruhi oleh jenis tanaman yang Anda budidayakan. Berbagai macam tanaman dapat dibudidayakan dengan menggunakan sistem ini. Jenis tanaman tersebut diantaranya:

1. Paprika

Tanaman hidroponik yang pertama adalah tanaman paprika. Jenis tanaman yang satu ini umumnya dibudidayakan secara konvensional. Akan tetapi, tidak disangka bahwa paprika dapat ditanaman dengan menggunakan metode hidroponik.

Adapun yang cukup penting dan patut diperhatikan ketika menanam paprika secara hidroponik adalah asupan nutrisinya. Anda harus selalu menjaga kandungan nutrisi yang dibutuhkan serta disesuaikan dengan fase tanaman itu sendiri.

2. Selada

Selada adalah salah satu jenis tanaman hidroponik yang cepat sekali panen. Usianya pun cukup singkat, yaitu sekitar 30 hingga 45 hari saja. Terdapat banyak sekali jenis selada, tapi yang seringkali dibudidayakan adalah selada daun hijau dan juga selada daun merah.

Tanaman yang satu ini umumnya dikonsumsi sebagai salad, lalapan, dan juga jenis olahan makanan lainnya. Rasanya pun sangat menyegarkan ditambah lagi dengan teksturnya yang renyah, membuat sayuran ini banyak dibudidayakan di pekarangan rumah.

Untuk para petani hidroponik, tanaman selada adalah komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Sebab, biasanya tanaman tersebut dijual di supermarket dengan target pasar orang-orang kelas menengah ke atas.

3. Pakcoy

Jenis tanaman selanjutnya adalah pakcoy. Tanaman yang satu ini banyak mengandung vitamin dan juga mineral. Tak hanya itu saja, pakcoy juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang menyehatkan. Pakcoy sendiri sangat mudah untuk dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik. Umumnya, menanam pakcoy secara hidroponik dapat dilakukan dengan menggunakan media rockwool.

4. Melon

Selain sayuran-sayuran yang sudah dijelaskan di atas, buah-buahan juga dapat ditanam menggunakan metode hidroponik. Proses budidaya melon dengan cara hidroponik diawali dengan pemilihan benih buah, kemudian dilanjutkan dengan penyemaian, penanaman, perawatan, dan sampai panen. Semua tahapan tersebut harus dilakukan dengan tepat. Supaya melon bisa tumbuh dengan sehat dan subur.

Itulah beberapa ulasan mengenai jenis tanaman hidroponik yang bisa Anda budidayakan di rumah. Selain bisa dikonsumsi pribadi, tanaman tersebut juga bisa Anda budidayakan untuk kepentingan jual-beli. Manfaatkan sisa lahan di rumah dengan menanam tanaman yang laku untuk dijual kembali.