Kekinian dan Patut dicoba, ini 5 Kelebihan Media Tanam Hidroponik

Sekarang ini banyak sekali hobi baru yang patut dicoba, salah satunya adalah berkebun. Berkebun dinilai sangat cocok menjadi alternatif kesenangan masa kini karena dianggap mampu memberi ketenangan di masa pandemi. 

Nah bagi anda yang tertarik menjajaki dunia berkebun, tetapi belum memiliki pengalaman berkebun yang mumpuni, jangan khawatir salah satu alternatif yang bisa anda coba adalah dengan berkebun menggunakan media tanam sistem hidroponik. 

Apa yang Dimaksud dengan Hidroponik?

Teknik bercocok tanam hidroponik merupakan teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, kerikil dan lainnya seperti bercocok tanam pada umumnya. Teknik ini membudidayakan tanaman dengan mengairinya menggunakan air. 

Sebagai teknik bercocok tanam yang modern, tentu saja sangat popular di Indonesia karena bisa dilakukan siapa saja terutama orang-orang di perkotaan yang tidak memiliki lahan luas untuk berkebun selain itu juga lebih praktis dalam perawatannya. 

Kelebihan Sistem Tanam Hidroponik

Sebagai metode tanam yang popular tentu media tanam sistem hidroponik memiliki banyak kelebihan dibanding metode tanam biasa. Nah,bagi kamu yang penasaran apa saja kelebihannya, yuk simak penjelasan di bawah ini. 

Kualitas Produk Lebih baik 

Produk sayur hidroponik memiliki kualitas yang lebih baik karena bebas zat kimia yang sering digunakan untuk melindungi tanaman agar bebas hama, selain itu anda tidak perlu melakukan pencucian berulang karena sayurannya tidak ditanam menggunakan tanah, jadi lebih bersih dan higienis. 

Hemat Energi

Kelebihan yang ditawarkan oleh metode tanam ini adalah hemat energi. Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih seperti bahan pembasmi hama, fungisida atau plastik pelindung.

Selain itu anda juga bisa menghemat pupuk karena tanaman langsung di nutrisi oleh air yang diserap tanaman lebih cepat serta efisien. Anda dapat menakar jumlah nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan langsung melarutkannya dalam sistem irigasi air. 

Ramah Lingkungan

Salah satu dampak lingkungan yang dihasilkan oleh industri pertanian yaitu efek kerusakan lingkungan dan perubahan iklim global yang menjadi perhatian khusus kita sekarang ini.

Nah, dengan menggunakan system berkebun ini, tentunya mengurangi dampak negatif kepada lingkungan karena sistem hidroponik minim penggunaan zat kimia seperti bahan pestisida dan tentunya limbah yang dihasilkan juga lebih aman untuk lingkungan. 

Hemat Lahan

Kelebihan lain yang paling terasa dari media tanam sistem hidroponikadalah hemat lahan. Seperti yang kita tahu khususnya masyarakat perkotaan sangat terbatas dengan aktivitas pertanian, namun dengan cara ini anda masih bisa bercocok tanam meskipun lahan terbatas. 

Hemat Air

Meskipun system bercocok tanam ini menggunakan pengairan air melalui pipa dan terus mengalir, akan tetapi air tersebut akan kembali ke penampungan kemudian terus berputar untuk mengairi lahan. Dengan metode tersebut tentu saja tidak akan menyisakan air apalagi dibuang.