Kenapa Pakai Hidroponik? Ini Alasannya!

Apa kamu mempunyai hobi untuk bercocok tanam tapi tidak memiliki lahan yang cukup? Nah, kamu Jangan patah semangat dalam mengembangkan itu.

Hal ini karena ada Metode tanam hidroponik yang menjadi jawaban dari masalah yang dialami olehmu.

Apa itu Tanam Hidroponik?

Secara umum, hidroponik sendiri maksudnya sebuah metode bercocok tanam tanpa memakai berbagai media tanah. Lalu untuk gantinya, kamu dapat menggunakan sekam, moss, arang, dan yang lain.

Apakah Metode adalah Metode Baru?

Metode hidroponik sendiri sudah diketahui sejak lama. Tapi sayang, tidak banyak orang yang tahu mengenai metode satu ini. Secara bahasa, hidroponik itu bekerja dengan air.

Tapi secara istilahnya, hidroponik maksudnya adalah sebuah metode cocok tanam memakai air dengan pemenuhan oksigen serta nutrisi.

Dengan teknik ini, pupuk yang akan diberikan dengan bentuk cairan, sehingga nanti akan lebih mudah diserap tanaman tersebut. Dan Jika media tanam nantinya sudah jenuh, kamu pun dapat menggantinya secara mudah.

Mengapa Memilih Bertanam Hidroponik?

Ada beberapa alasan Kenapa pakai hidroponik di zaman sekarang ini telah jadi salah satu metode bertanam yang sangat cocok dilakukan, terlebih di tengah keterbatasan sebuah lahan. Berikut adalah penjelasan alasannya, 

1. Hidroponik memberi berbagai kelebihan

Apakah Kamu masih ragu jika tanaman bisa hidup tanpa pakai tanah?

Nah, kamu bisa Coba kunjungi beberapa tempat yang sudah melakukan metode bercocok tanam hidroponik ini. Nanti kamu pun bisa menemukan beragam tanaman yang tumbuh subur walaupun tanpa memakai tanah untuk media tanamnya. 

Selain itu, metode Hidroponik malah akan memberi berbagai kelebihan. Media yang akan dipakai biasanya bisa lebih mempermudah akar dalam menyerap air serta nutrisi, jadi pertumbuhan tanaman akan lebih optimal.

Lalu bagaimana tanaman bisa mendapatkan makanannya? 

Memang jika tanaman dengan media tanah, sumber nutrisi maupun makanan bagi tumbuhan terdapat dalam unsur hara tanah. Tapi hal itu cukup berbeda jika memakai Metode tanam hidroponik, dimana sumber nutrisi maupun makanan dari tanaman akan berasal dari air nutrisi yang telah disalurkan dengan pipa.

2. Hidroponik menjadi solusi lahan sempit maupun lahan tidak subur

Bagi kamu yang tinggal dengan lahan tandus serta sulit untuk bercocok tanam, kamu patut berbahagia dengan metode hidroponik ini.

Dengan metode satu ini, kamu terus bisa untuk menanam banyak jenis tanaman walaupun mempunyai lahan yang sempit maupun tidak subur. Dengan kamu memilih media serta menyiapkan tatakan, kamu pun sudah siap untuk bercocok tanam.

Bahkan alat yang nanti akan dipakai dalam ini juga sangat sederhana. Kamu cuma perlu siapkan pipa serta sistem pompa air agar dapat memenuhi kebutuhan air dalam tanaman. Pipa yang kamu buat bersusun ini sangatlah dalam mengatasi berbagai permasalahan lahan tanam yang sempit.

3. Metode Hidroponik Bisa diatur dengan Ponsel

Apa kamu tahu, jika beberapa mahasiswa sudah mengembangkan teknologi yang dapat membantumu untuk mengatur suhu serta pH pada media tanam. Yang mengejutkannya lagi, kamu pun dapat langsung melakukannya lewat ponsel masing-masing! 

Penemuan ini bisa menjawab pertanyaan seperti Kenapa pakai hidroponik? Maupun pertanyaan lain. Karena bisa lebih memudahkan semua orang yang cukup kesulitan dalam mengecek suhu sampai pH air yang dipakai sebagai media tanam hidroponik.