Ketahui 2 Cara Mudah Menanam Tanaman Hidroponik

Menanam tanaman hidroponik sendiri dapat dikatakan sebagai metode menanam tanpa menggunakan tanah, tetapi menggunakan larutan nutrisi serta air. Nah, anda sendiri bisa membuat kebun tanaman hidroponik ini di mana saja, termasuk pada halaman rumah sempit.

Selama pandemi ini, berkebun hidroponik sudah digandrungi banyak masyarakat. Berkebun tanaman hidroponik memang dikatakan cukup mudah, terutama bagi anda pemula sekalipun.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk memulai berkebun hidroponik, terdapat berbagai cara menanam hidroponik yang dapat dicoba. Berikut cara-caranya,

Cara Menanam Hidroponik

Cara tanam hidroponik menggunakan botol bekas

Yang pertama ada cara menanam hidroponik menggunakan botol bekas. Untuk bahan yang anda perlukan yaitu, adalah botol bekas berukuran sekitar 1,5 liter, kain flanel, plastik hitam, serta alat untuk pemotong.

Untuk cara menanam hidroponik pertama, berikut ulasan lengkapnya, 

  1. Potong Botol dahulu

Pertama, anda perlu untuk potong bagian atas dari botol, paling tidak sekitar 10 cm dari ujung botolnya. Potonglah memakai pisau tajam. Jika botol masih dirasa terlalu tinggi, anda bisa memotongnya lagi pada bagian tengah. Lalu anda bisa lanjut membuat lubang di bagian kanan dan kiri dekat dengan ujung botol.

  1. Memasukkan Kain Flanel

Selanjutnya anda dapat memasukkan kain flanel dari kanan menuju kiri. Letakkanlah ujung botol yang ada kain flannel di atas botol lain yang sebelumnya sudah dipotong. Lalu Masukkan tanaman pada potongan botol yang terdapat kain flanelnya.

  1. Isi Air

Tentu sangat penting untuk anda memasukkan air pada botol tersebut. Masukan dalam potongan di setengah botol lain. Jika sudah, pindahkan setengah botol isi tanaman ke atas botol yang sudah diberi air.

  1. Menutupnya dengan Plastik

Langkah terakhir dalam Menanam tanaman hidroponik menggunakan botol bekas yaitu anda harus mengambil plastik hitam. Lalu anda bisa tutup bagian bawah botol dengan plastik hitam tersebut supaya tidak tembus dengan sinar matahari. Anda juga dapat merekatkan plastik menggunakan lakban supaya bisa lebih rekat serta tidak mudah lepas.

Cara tanam hidroponik menggunakan sistem sumbu

cara menanam hidroponik selanjutnya adalah dapat dilakukan dengan sistem sumbu. Cara satu ini juga mudah untuk anda lakukan. Berikut penjelasannya,:

Alat dan bahan:

  • Ember maupun baskom penampung air 
  • Tali nilon atau katun
  • Bibit
  • Media untuk tanam
  • Pupuk hidroponik yang cair maupun kering
  • Nampan tanam

Cara Menanam Hidroponik Sistem Sumbu

  1. Membuat wadah untuk menampung air

Pertama, Isi ember menggunakan air serta nutrisi. Ember ini nantinya akan diletakan pada bawah nampan yang akan berisi tanaman serta media tanam.

  1. Hubungkan sumbu menggunakan nampan 

Setelahnya bisa menghubungkan satu maupun dua sumbu melewati lubang pada bawah nampan. Jika perlu, anda dapat membuat lubang juga dalam nampan memakai bor. Nanti sumbunya akan menyerap air yang berada di wadah. 

  1. Menyiapkan nampan

Media tanam dengan anakan tanaman diletakan di atas ember. Ingat, lebih baik pakai media tanam yang tidak mengalir terlalu cepat. di atas reservoir. 

  1. Menyiapkan lampu jika dibutuhkan

Anda dapat memakai cahaya alami jika menanam tanaman hidroponik ini. Tapi jika cahaya matahari masih kurang memadai, anda bisa memakai tambahan lampu untuk mengatasinya.

Begitulah beberapa cara menanam hidroponik yang mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya di lahan besar maupun lahan sekitar rumah. Semoga membantu.