Mau Menanam Secara Hidroponik? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

Walaupun sekarang ini hidroponik sering disebut sebagai sistem bercocok tanam revolusioner, hidroponik juga mempunyai kelebihannya serta kekurangannya tersendiri. 

Sebelum kamu memulai bercocok tanam dengan metode hidroponik, ada baiknya jika memperhatikan dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari metode satu ini. Hal ini tentu penting terutama bagi kamu yang baru saja mulai mencoba metode hidroponik.

Sedikit membahas mengenai hidroponik, istilah hidroponik adalah sistem bercocok tanam tanpa memakai tanah, tetapi memakai air. Ada beberapa teknik jika kamu ingin bercocok tanam menggunakan metode ini yang tentunya juga bisa disesuaikan dengan kemampuan serta budget yang dimiliki.

Kelebihan dari Bercocok Tanam Hidroponik

Pertama-tama, akan dibahas mengenai kelebihan dari metode hidroponik ini. Apalagi mengingat masih ada sebagian orang yang memandangnya sebelah mata. 

Jadi penting bagi kamu untuk bisa mencermati apa kelebihan yang bisa didapatkan saat bercocok tanam dengan metode ini. Nah, Keunggulan cara tanam dengan sistem hidroponik adalah,

  1. Tidak Menggunakan Tanah

Hal ini tentu bisa membuat area bercocok tanam mu jadi tetap bersih karena tidak menggunakan tanah, melainkan menggunakan air.

  1. Tidak Perlu Sering Disiram

Selanjutnya kamu tidak butuh selalu menyiram tanaman dengan metode hidroponik. Hal ini karena media yang dipakai sudah menggunakan air.

  1. Mengeluarkan Tenaga Lebih Sedikit

Kamu pun tidak butuh mengolah lahan, penanaman, sampai memanen. Metode yang dipakai juga lebih praktis dan efisien.

  1. Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Hal ini dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman hidroponik bisa terserap lebih baik, mengingat media yang dipakai adalah air.

  1. Hasil Panen Lebih Banyak

Kelebihan lainnya yang kurang diketahui banyak orang adalah, hasil dari tanaman hidroponik ini lebih banyak daripada bercocok tanam dengan metode biasanya.

  1. Proses Menanam akan lebih mudah, jika kamu bandingkan dengan bercocok tanam metode lain yang menggunakan tanah.

Kekurangan dari Bercocok Tanam Hidroponik

Setelah kamu paham beberapa kelebihan saat bercocok tanam dengan hidroponik, sekarang kamu juga perlu tahu apa kelemahan dari metode ini. 

Hal ini juga penting diketahui supaya kamu tidak terlena dengan kelebihan yang ada sebelumnya, tapi juga bisa bersiap dalam menghadapi kekurangan dibawah ini,

  1. Cenderung Membutuhkan Budget yang Besar

Kekurangan yang pertama adalah, kamu perlu budget yang besar, mengingat hidroponik sendiri sangat cocok dilakukan dalam skala besar. Tapi juga nantinya tinggal menyesuaikan saja, kamu mau menggunakan area bercocok tanam seberapa besar.

  1. Membutuhkan Ketelitian Ekstra

Jika kamu ingin bercocok tanam dengan metode hidroponik, kamu perlu benar-benar memperhatikan dalam mengontrol nutrisi untuk tanaman, termasuk dalam mengatur kadar keasaman pH.

Jadi jika kamu tidak punya latar belakang pertanian, hal ini cukup sulit untuk dilakukan.

  1. Alat pemeliharaan hidroponik Masih Langka

Karena metode satu ini masih jarang untuk dilakukan, tentunya akan sukit mencari alat yang digunakan, apalagi mengingat sedikitnya ahli hidroponik yang berada di Indonesia.

Hal ini tentu akan membuat kamu cukup sulit saat membutuhkan perawatan dengan alat tertentu.