Mengenal Nutrisi Hidroponik dan Cara Aplikasinya

Sekarang sudah banyak masyarakat yang memiliki hobby bertanam hidroponik. Dinilai lebih praktis, metode ini juga bisa diaplikasikan dimanapun karena tidak butuh tempat yang luas dan juga tanpa media tanah. Lalu darimana tanaman dapat nutrisi? Biasanya tanaman akan mendapatkan  nutrisi dari pupuk buatan yang ditambahkan pada media tanam. Supaya lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Nutrisi Hidroponik?

Tanaman yang biasanya memperoleh nutrisi seperti zat hara dan mineral dari tanah, tidak akan mendapatkannya dalam sistem tanam hidroponik. Lalu untuk mengakalinya, nutrisi tanaman tersebut dilarutkan pada air. Salah satu jenis nutrisi yang terkenal dan tinggal pakai adalah AB-Mix. AB-mix ini merupakan campuran dari beberapa zat hara dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam bentuk anorganik. Nutrisi ini akan menggantikan senyawa kompleks untuk produksi makanan pada tanaman.

Kandungan Nutrisi dalam AB-Mix

Secara umum, nutrisi tanaman hidroponik dibagi menjadi 2 macam yaitu unsur makro dan mikro. Untuk unsur makro terdiri dari golongan zat H, P, C, N, O, Ca, Mg. sedangkan unsur mikro terdapat zat aktif seperti Cl, Cu, B, Fe, Mn, Zn, dan Mn. Kedua jenis unsur ini biasanya diaplikasikan dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Oleh karena itu, jenis-jenisnya juga menjadi beberapa macam. Contohnya seperti AB-Mix, sayur daun, sayur buah, bunga, buah, cabai, tomat, dan masih banyak lagi.

Cara Melarutkan Nutrisi Hidroponik

Kalau Anda seorang pemula sehingga masih awam tentang takaran nutrisi, ada baiknya untuk beli pupuk AB-Mix kemasan yang sesuai dengan tanaman yang akan dibudidayakan. langkah-langkahnya juga cukup mudah contohnya adalah AB-mix untuk sayuran daun berikut ini.

  • Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama pastinya siapkan dulu beberapa alat seperti botol dengan ukuran 600 ml 2 buah. Lalu siapkan pengaduk dan gelas ukur. Selanjutnya Anda siapkan bahan berupa AB-Mix bubuk dengan kemasan 250 gram. 

  • Membuat Larutan Stok A dan B

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat larutan stok A dan stok B. masukkan bubuk AB-Mix A ke dalam botol 1 dan campurkan air sampai larutan menjadi 500 ml. jangan lupa aduk sampai semua terlarut. Hal yang sama juga lakukan pada bubuk AB-Mix B.

  • Menyiapkan Larutan Nutrisi untuk Tanaman

Langkah terakhir adalah menyiapkan larutan nutrisinya. Secara umum, ada satu perbandingan yang bisa Anda ikuti yaitu 1:3:3. Perbandingan ini maksudnya adalah 1 liter air ditambah dengan 3 ml larutan stok A dan 3 ml larutan stok B. tetapi supaya lebih jelas, Anda harus menggunakan TDS meter untuk mengukur satuan PPM dari larutan. Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Setelah dilakukan pengenceran, Anda bisa memasukkannya pada bak hidroponik yang telah disiapkan sebelumnya.