Pengertian Dan Manfaat Hidroponik

Hidroponik tentu sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat.  Hal ini karena belakangan memang kerap diperbincangkan.  Bahkan tidak sedikit masyarakat yang sudah mempraktekkannya. Agar lebih jelas lagi,  simak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Hidroponik? 

Istilah hidroponik belakangan ini memang sering dibahas.  Terutama bagi mereka yang hobi bercocok tanam.  Pada dasarnya pengertian hidroponik adalah suatu upaya untuk membudidayakan tanaman dengan menggunakan air, namun tanpa menggunakan media tanah. 

Dan perlu diketahui bahwa jika anda menanam dengan cara ini, maka anda tak perlu menghabiskan banyak air.  Sehingga tentunya sistem tanam yang satu ini bisa diandalkan bagi masyarakat yang secara kebetulan memiliki lahan dan juga stock air terbatas. Sebagai contohnya adalah mereka yang bertempat tinggal di perumahan maupun perkotaan.  

Namun perlu diketahui bahwa teknik menanam yang satu ini tidak bisa diterapkan untuk semua jenis tanaman.  Artinya,  hanya jenis tanaman tertentu saja yang bisa ditanam dengan menggunakan metode tanam yang satu ini. Beberapa jenis tanaman  tersebut misalnya saja adalah melon,  tomat,  terong, paprika dan selada. 

Anda bisa memanfaatkan sisa lahan seperti teras depan, teras depan ataupun balkon untuk mencoba menerapkan sistem tanam yang satu ini.  Meskipun anda tak memiliki lahan yang luas,  namun anda tetap bisa bercocok tanam seperti pada umumnya. 

Ketahui Manfaat Hidroponik

Setiap metode tanam tentu saja menawarkan manfaat yang berbeda.  Sama halnya dengan sistem tanaman Hidroponikini dimana menawarkan beberapa manfaat. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat hidroponik.

  • Memberikan hasil tanaman dengan kualitas yang lebih baik
  • Meminimalisir tanaman dari hama maupun penyakit
  • Bisa membantu dalam menghemat air dan juga pupuk 
  • Cocok untuk anda yang tidak memiliki lahan atau tanah untuk bertanam

Teknik Hidroponiksecara khususnya juga mampu memberikan hasil maksimal seperti untuk jenis tanaman hias maupun buah dan sayuran.  Berikut adalah beberapa manfaatnya. 

Jika digunakan untuk menanam sayuran atau buah. Maka akan memberikan beberapa manfaat seperti :

  • Menghemat penggunaan lahan
  • Kualitas buah dan sayuran lebih unggul 
  • Bebas pestisida atau bahan kimia
  • Tanaman akan tetap fresh

Sedangkan jika dimanfaatkan untuk menanam tanaman hias,  maka akan memberikan manfaat sebagai berikut. 

  • Menawarkan prospek yang lebih baik
  • Bisa digunakan untuk tanaman yang digunakan sendiri maupun untuk bisnis atau komersial
  • Tak harus menggunakan media tanah
  • Media tanam bisa lebih bervariasi seperti pasir, kerikil maupun pecahan batu apung

Dari beberapa penjelasan diatas tentunya sudah cukup menjawab keresahan banyak orang.  Hal ini karena pastinya diluaran sana sangat banyak orang yang mengeluhkan soal lahan sempit sehingga tidak bisa bercocok tanam.  Namun dengan adanya metode tanam yang satu ini,  maka bisa menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasinya.