Sayuran yang dapat ditanam dengan Metode Hidroponik

Hidroponik merupakan sistem metode menanam yang sangat cocok digunakan di daerah perkotaan. Karena kelebihan dari metode menanam hidroponik ini adalah menawarkan penggunaan lahan yang minim. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh metode menanam hidroponik ini adalah dimana tanaman berproduksi tanpa membutuhkan media tanah sebagai media tanam, kemudian kualitas dan kuantitas produksi tanaman lebih bersih dan juga lebih tinggi, lalu pupuk yang digunakan dan juga air untuk menutrisi tanaman lebih efisien dan tidak terbuang, dan yang terakhir lebih mudah untuk mengendalikan penyakit dan juga hama.

Keunggulan hidroponik inilah yang membuat tidak sedikit orang menggunakan metode menanam hidroponik ini untuk menciptakan lahan tanam sendiri di rumah. Namun perlu diketahui bahwa tidak setiap tanaman dapat ditanam dan tumbuh dengan metode menanam hidroponik, hanya beberapa jenis tumbuhan tertentu saja. Tumbuhan tersebut diantaranya yaitu:

  1. Kangkung

Kangkung menjadi jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan metode menanam hidroponik, salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk tubuh. Selain itu kangkung merupakan jenis tumbuhan yang mudah hidup dimana saja sehingga sangat mudah membudidayakannya dalam metode menanam hidroponik.

  1. Selada hijau 

Selada hijau merupakan jenis tanaman yang cepat tumbuh dan juga cukup mudah untuk ditanam sehingga sangat cocok dibudidayakan dengan metode menanam hidroponik. Selada yang biasanya dikonsumsi secara mentah juga tentu akan lebih bersih ketika dibudidayakan dengan metode menanam hidroponik karena tidak menggunakan media tanah.

  1. Sawi hijau

Sawi hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bisa dibudidayakan dengan metode tanam hidroponik. Anda hanya perlu menyiapkan bibit yang bagus untuk menanam sawi hijau kemudian anda bisa menggunakan media rockwool karena sawi akan lebih mudah juga tumbuh dengan sistem sumbu atau wick.

  1. Tomat merah

Salah satu sayuran yang juga banyak menjadi favorit ini dapat tumbuh dan juga dibudidayakan pada metode menanam hidroponik. Namun tomat sendiri memiliki kunci sendiri dalam pertumbuhan yaitu bibit dari tanaman tomat ini sendiri, membutuhkan bibit yang sangat baik agar menghasilkan tomat yang sehat.

  1. Sayur pakcoy

Sayur pakcoy adalah salah satu jenis tanaman yang cukup mudah untuk ditanam. Pakcoy ini sendiri merupakan sayuran hijau yang kaya vitamin dan juga mineral. Sayur pakcoy ini sendiri mirip dengan sayur sawi, memiliki masa tanam hingga 20 hari.

Itulah beberapa macam sayuran yang dapat anda tanam dalam metode menanam hidroponik, anda dapat memilih sayuran sesuai kebutuhan atau yang anda inginkan. Namun perlu diketahui ketika anda memilih sayuran anda juga perlu mengetahui macam-macam metode menanam hidroponik sebelumnya agar anda tidak salah dalam metode penanaman dari berbagai macam jenis sayuran yang akan anda tanam tersebut.