Tanaman Hidroponik, Tren Bisnis Rumahan yang Sederhana!

Tren bisnis memang tak pernah ada habisnya, terlebih ketika musim pandemi hampir semua orang mencari ide segar dalam menciptakan bisnis baru yang menguntungkan.

Bisnis yang makin jadi tren kala pandemi yakni tanaman hidroponik. Jenis tanaman seperti ini banyak dipilih karena media tanam terbilang sederhana, penanaman bisa di mana saja dan cocok dijadikan usaha.

Mengenal Hidroponik

Apa itu hidroponik? Merupakan sebuah metode penanaman tanpa perlu adanya media tanam berupa tanah. Untuk budidaya seperti ini para petani hanya memanfaatkan penggunaan air dalam memenuhi nutrisi tanaman.

Media tanam menggunakan air ini telah ada sejak 1600-an setelah buku karya Bacon makin populer dan dijadikan bahan penelitian, semakin berkembangnya jaman metode ini masih tetap digunakan juga dikembangkan lagi.

Di Indonesia pun lumayan banyak diterapkan baik di rumah atau perkebunan, sebab mempunyai banyak keuntungan, lokasi penanaman dapat di mana saja dan nilai jualnya yang tinggi.

Tren Bisnis Tanaman Hidroponik

Semenjak pandemi yang menganjurkan kita untuk berdiam diri di rumah membuat sebagian orang merasa kesulitan untuk melakukan aktivitas jual-beli terutama untuk keperluan dapur.

Hal inilah yang menjadikan ide bagi sebagian masyarakat untuk mulai membudidayakan sendiri tanaman hidroponik yang lokasi tanamnya bisa dilakukan meski di balkon rumah, selain guna keperluan diri sendiri, ini pun dijadikan ladang bisnis.

Banyak masyarakat yang akhirnya terjun menjadi petani rumahan dan tak disangka-sangka penghasilannya lumayan menguntungkan meski modal yang dibutuhkan tak begitu besar dibanding metode konvensional.

Sistem bertanamnya ada yang menggunakan cara NFT atau Wick, keduanya sama-sama hanya butuh alat yang cukup sederhana dengan proses penanamannya tidak begitu sulit. Anda bisa memilih tanaman apa yang ingin dipakai.

Umumnya metode ini kerap digunakan untuk sayur-sayuran seperti kangkung, tomat, paprika, selada bisa juga buah-buahan stroberi serta tanaman hias lainnya.

Siapa pun bisa mencoba menanamnya. Anda tertarik mencoba? Berikut cara, alat dan bahan yang diperlukan.

Cara Bertanam Hidroponik

Berikut ini cara menanam dengan sistem Nutrient Film Technique (NFT) yang cocok ditempatkan untuk skala rumahan.

  1. Siapkan pipa panjang dan pompa. Lubangi pipanya dengan jarak tiap lubangnya sama.
  2. Susunkan pipa-pipa tersebut sebagai tempat penanaman.
  3. Buatkan penampung yang posisinya lebih rendah di ujung.
  4. Pasangkan pompa airnya untuk pengairan nutrisi.
  5. Pilih benih yang ingin dicocok, untuk penggunaan sistem NFT cocok bagi tanaman kangkung. Benih tersebut perlu disemai terlebih dulu.
  6. Buat larutan nutrisinya menggunakan AB Mix dicampur dengan air bersih.
  7. Alirkan nutrisinya melalui pompa yang telah dibuat, kemudian pindahkan tanaman yang sudah disemai.
  8. Pasangkan seluruh tanaman di lubang-lubang pipa tersebut.

Tak heran dengan caranya yang tak sulit serta peralatannya sederhana menjadikan tanaman hidroponik  sebagai tren bisnis di era pandemi ini. Selamat mencoba.