Yuk Kenali Berbagai Metode Hidroponik Agar Tanaman Tumbuh Subur

Menanam berbagai tanaman dengan menggunakan metode hidroponik memang menjadi salah satu cara yang cukup menguntungkan. Sebab, Anda tidak dibatasi oleh lahan yang akan digunakan untuk menanamnya. Metode yang satu ini pertama kali dicoba pada tahun 1699, kemudian disempurnakan hingga sekarang. Untuk Anda yang mempunyai lahan yang cenderung kecil atau sempit, menanam dengan sistem hidroponik sangat cocok untuk Anda lakukan. Metode penanaman yang satu ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah kebun organik di lahan yang kecil. 

Jenis-jenis Metode Hidroponik

Menanam berbagai jenis tanaman dengan menggunakan media tanah memang sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, metode hidroponik mempunyai caranya tersendiri supaya tanaman Anda dapat tumbuh dengan subur. Berikut ini adalah beberapa jenis sistem hidroponik yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Sistem Wick

Sistem hidroponik ini merupakan salah satu metode yang paling mudah untuk dilakukan. Di dalam sistem wick, tanaman akan ditempatkan di dalam sebuah wadah yang diletakkan di sebuah tempat penyimpanan air. Sebelum digunakan wadah penyimpanan air tersebut harus diberi larutan nutrisi seperti penyubur tanaman atau pupuk. Metode ini dapat Anda buat dengan mudah yaitu hanya menggunakan tali ataupun kali wol dan juga wadah yang terbuat dari plastik.

Sistem Wick ini memakai metode kapiler, yang mana tali ataupun kain yang digunakan akan menyerap air secara perlahan. Lalu alat tersebut akan langsung mengirimkan air dan juga nutrisi yang diserap kepada tanaman yang Anda tanam. Perlu dipahami bahwa menanam tanaman dengan metode ini memang sangat mudah, tapi memerlukan waktu yang cukup lama dan tanaman yang bisa Anda tanamn sifatnya terbatas. Metode ini juga sangat cocok untuk dipadukan dengan sistem aerasi. Hal itu supaya tanaman bisa memperoleh oksigen yang lebih banyak.

2. Sistem Aeroponik

Metode hidroponik selanjutnya adalah sistem aeroponik. Sistem penanaman yang satu ini umumnya menggunakan air yang telah dialirkan dan dikabutkan di akar-akar dari tanaman yang telah disusun. Metode penanaman aeroponik adalah salah satu cara yang cukup sulit untuk dilakukan di rumah. Serta relatif mahal namun tidak membutuhkan lahan yang banyak.

3. Metode Hidroponik Deep Water Culture

Metode selanjutnya adalah sistem deep water culture. Ini adalah salah satu metode hidroponik yang cukup sederhana dan populer dilakukan oleh banyak orang. Sistem penanaman yang satu ini memang sederhana karena tanaman hanya cukup dimasukkan ke dalam air aerasi. Banyak orang yang menganggap bahwa metode ini adalah salah satu sistem hidroponik yang paling tidak merepotkan.

Akar dari tanaman yang akan ditanam harus selalu di permukaan air. Sehingga Anda hanya memerlukan sistem aerasi yang tepat. Supaya tanaman Anda dapat tumbuh dengan cepat dan subur. Selain itu, cobalah untuk memasang sistem aerasi pada dasar wadah. Kemudian alirkan udara dari mesin oksigen dengan memakai selang karet yang sudah dilubangi. Supaya oksigen dapat terbagi secara merata di seluruh tanaman.

Demikian beberapa metode hidroponik yang dapat Anda lakukan di rumah. Bagi Anda yang memiliki lahan sempit namun ingin menanam berbagai jenis tanaman. Maka metode yang satu ini sangat cocok untuk Anda terapkan.